Cari Blog Ini

Memuat...

Senin, 27 Mei 2013

Untrib Kalabahi Jalanai Proses Akreditasi


Keluarga Besar Untrib menyambut secara adat Tim Asesor dari BAN PT 


Kalabahi ON-Pekan kemarin menjadi moment penting bagi Universitas Tribuana (Untrib)Kalabahi. Yayasan dan rektorat terlihat lebih sibuk dari hari biasanya. Ini karena Untrib kedatangan tim asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) untuk melakukan auditor atas kelengkapan berkas yang dikirim ke pihak BAN PT dengan kondisi riil di universitas.

Kedatangan BAN PT yang diwakili Prof. Dr. Budiman Ginting dan Prof. Marzuki Trihatmojo memberikan kesan tersendiri bagi Untrib Kalabahi. Kedua Profesor dari USU dan UGM ini dijemput di bandara mali dan langsung menuju kampus Untrib.
Kali ini Fakultas Hukum Untrib yang kebagian jatah mengawal segala proses karena dua professor hukum ini memang datang untuk kepentingan akreditasi Fakultas Hukum Untrib.
Ketua Yayasan Tribuana Permenas Koly, Rektor Fredik Kande dan Dekan Fakultas Hukum Melkzon Beri yang melakukan penjemputan sekaligus mendampingi utusan BAN PT . Tiba dikampus Untrib para tamu dari BAN PT bersama Dekan Melkzon Beri dan jajaran Untrib disambut tarian lego-lego di halaman kampus. 
Dihadapan yayasan, rektor, dekan dan mahasiswa Untrib, Prof. Marzuki menyampaikan rasa syukur atas penyambutan yang dinilainya baik. Ia juga menyampaikan permintaan maaf akibat perubahan scedule yang menyebabkan mereka sedikit terlambat tiba dan memulai aktivitasnya sebagai asesor.
“Mudah-mudahan pertemuan ini diberkati oleh Tuhan dan bisa berjalan lancar tidak ada halangan. Kami nanti harus kerja berat sampai malam karena memang situasi bahwa penerbangan tidak metch dengan kegiatan akreditasi. Mestinya harus dimulai pagi. Kami berdua sudah membayangkan bakal kerja berat,” ucap Prof. Marzuki mengawali sambutannya.
Menurut Prof. Marzuki, dirinya bersyukur karena kegiatan ini memang diharapkan oleh fakultas dan program study. Mereka hanya bisa menuangkan informasi yang ada di boring tentang bagaimana kebenarannya. karena kegiatan akreditasi ini adalah kegiatan untuk mencocokan informasi yang sudah disampaikan oleh pihak kampus didalam borang dan sudah kita lihat maka sekarang ini saatnya untuk mencocokan. “Tentu baik-buruknya tergantung pada boring yang dibuat dan kondisi yang ada atau nyatanya,” tegasnya.
Ia juga mengatakan, sebagai asesor mereka tak bisa berandai atau mengada-ada tentang kondisi rill Untrib. Berkas yang dikirim tersebut yang kemudian akan dicocokkan dengan apa yang ada di Untrib. Selanjutnya dari hasil pencocokan tersebut yang akan diberikan penilaian. “Kami asesor tidak bisa mengada-ada. Misalnya saja kalau dilaporkan belum ada lulusan ya tentu kita tidak bisa bilang ada,”  kata Prof. Marzuki menambahkan.
Disela penyambutan itu, Profesor Marzuki tak lupa memperkenalkan dirinya bersama rekan timnya professor Budiman Ginting yang berdarah Batak itu. Kata Prof. Marzuki, Profesor. Dr. Budiman Ginting, SH.M.Hum asal Batak sehingga bisa dibayangkan berapa jauhnya sampai ke Kalabahi. “Beliau ini sekarang menjabat Wakil Dekan I  Bidang Akademik di Universitas Sumatera Utara. Tahu persis tentang prodi hukum. Beliau menghendel sekitar 400-an mahasiswa dari SI sampai S3. Jadi lebih dua kalinya universitas ini. Dan saya, Profesor Marzuki Trihatmojo dari Fakultas Hukum UGM. Saya sudah bebas tugas selama 12 tahun sebagai dekan jadi bisa jalan-jalan,” guyon Prof Marzuki. joka/jdihalorkab.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar